Senin, 09 Mei 2011

Geophysics Expedition 2011

Beberapa hari yang lalu saya baru saja mengikuti sebuah acara yang sangat luar biasa, yaitu Geophysics Expedition 2011 (selanjutnya disingkat GE 2011). Acara ini merupakan acara HMGF FMIPA UGM. Kebetulan tahun ini mengambil tema "Pencarian sumur minyak Tua", pada awalnya memang sedikit ragu untuk mengikuti acara ini, namun memang ada saja jalan untuk mencari ilmu. Sampai pada akhirnya saya bisa ikut serta mencari pengalaman baru dalam dunia geofisika :)


GE 2011 kali ini dilaksanakan di Sulursari, Grobogan , Jawa Tengah. GE 2011 mengadakan pelatihan alat-alat dan metode eksplorasi Geofisika (khususnya dalam bidang Non-seismik), entah kenapa GE 2011 kali ini tidak diadakan metode Seismik, padahal pada awalnya saya tertarik untuk mencoba metode yang sebagian besar orang bilang sulit ini. Metode yang akhirnya berhasil dirunning disana selama 3 hari diantaranya : Audio Magnetotelluric atau lebih dikenal AMT, Geolistrik menggantikan Seismik refraksi, Magnetik, VLF atau Very Low Frequency dan metode Gravity dan GPS. dan kebetulan saya ditempatkan oleh panitia di kelompok AMT.

Karena ini sifatnya curhat, jadi saya tidak akan berpanjang lebar membahas AMT-nya, tapi saya akan membahas apa saja yang saya lakukan disana dan apa saja yang saya dapat disana :D
Pertama kita mulai dari kegiatan GE itu sendiri... cekibrott...

Begini ceritanya, GE 2011 itu sih katanya mengenalkan kepada mahasiswa angkatan muda kepada metode-metode eksplorasi geofisika. Hari pertama, saya langsung mendapat jatah membawa receiver untuk AMT , pengukuran dilakukan hari Jumat. sayang hari itu data yang kita dapat kurang maksimal, dikarenakan banyak hal. dari lapangan yang terlalu panas, aki yang kurang daya sampai data yang lupa disimpan -_-"

Hari kedua, cukup memuaskan. data yang kita dapat cukup banyak dan bagus (kata Asistennya), cuaca juga mendukung, tapi sayang kita belum bisa memnuhi target pengukuran sebanyak 6 titik karena lagi-lagi aki nya drop .

Nah, dihari ketiga ini kita cuma diberi tugas oleh panitia dan dosen untuk mengukur di 3 area sumur minyak tua tersebut. katanya sih untuk mencari anomali subsurface daerah sekitar sumur. tapi entah data hasil prosesingnya bagus atau tidak karena hari ketiga ini tidak diadakan presentasi hasil prosesing.

Oiya, hampir lupa , jadi tiap hari itu tiap-tiap kelompok wajib dan harus mempresentasikan data dan hasil pengamatan dilapangan yang dilakukan seharian itu. Ada yang bagus presentasinya , ada yang dibantai dosen dan alumni, ada juga yang masih belum jelas. (hehehe..) , Tapi disini kita semua masih sama-sama belajar. So, gak masalah apapun itu salahnya, bisa kita jadiin pelajaran untuk hari yang akan datang.

Intinya, GE 2011 ini banyak meninggalkan kesan untuk saya pribadi. Selain ilmu, pengalaman menjadi nilai tambah yang sangat berguna dari GE 2011 ini. Semoga bermanfaat dan bisa jadi motivasi pribadi saya dan teman-teman pembaca :)
Salam.

0 komentar:

Posting Komentar